Sabtu, 04 Juni 2016

laporan Karya tulis ke jawa timur



LAPORAN KARYA WISATA
KE JAWA TIMUR






Disusun Oleh :

Nama               : Sindy 
No.Absen        : 28
Kelas               : VIII A




SMP NEGERI 3 JATISRONO
TAHUN 2015/2016












LAPORAN PENGESAHAN


Laporan karya wisata ini disusun guna memenuhi tugas bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jatisrono Tahun Pelajaran 2015/2016, telah disetujui dan disahkan pada :

Hari                 :
Tanggal           :





Mengetahui
Kepala SMP Negeri 3 Jatisrono




Suwandi,S.Pd
NIP. 19620626 198403 1 008
Pembimbing Sekolah




Suswati SH. S.Pd
NIP. 19650617 200604 2 005           










MOTTO





©       "Pendidikan yang baik akan membentuk akhlak yang baik pula"

©       "Pendidikan adalah jalan tercepat meraih kesuksesan dimasa yang akan datang"

©       "Pendidikan merupakan modal utama kita dihari tua"

©       "Pendidikan adalah senajata ampuh yang dapat kita gunakan untuk merubah dunia"

©       "Pendidikan merupakan modal penting bagi setiap orang dalam meraih kesuksesan"

©       "Gantunglah cita-citamu setinggi bintang yang ada diangkasa"

©       "Orang bijak adalah orang yang selalu bersahabat dekat dengan buku"

©       "Ilmu tanpa diamalkan seperti layaknya pohon yang berdaun lebat tanpa adanya buah"

















PERSEMBAHAN
















Karya Tulis ini saya persembahkan kepada:
1.      Ayah dan Ibu tercinta. 
2.      Bapak Kepala SMP Negeri 3 Jatisrono
3.       Bapak dan Ibu  Guru serta karyawan SMP Negeri 3 Jatisrono. 
4.      Teman-teman di  SMP Negeri 3 Jatisrono
5.      Para Pembaca yang budiman






KATA PENGANTAR



Puja dan puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena berkat rahmat dan karunia-NYA, Sehingga saya  dapat menyelesaikan “Laporan Karya Wisata Ke Jawa Timur “ dengan lancar dan sebaik-baiknya.
   Dalam penyusunan laporan kaerya wisata ini, tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Suwandi,S.Pd, Selaku Kepala SMP Negeri 3 Jatisrono
2.      Bapak/Ibu Guru Serta Karyawan SMP Negeri 3 Jatisrono
3.      Semua pihak yang telah memberikan dukungan,Keterangan dan informasi  sehingga penulis dapat menyelesaikan Pembuatan laporan karya wisata ini.
Penulis telah berusaha dengan segala kemampuan dalam  menyusun laporan ini. Namun penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.



Jatisrono,     Juni 2016




Penulis

















DAFTAR ISI




Halaman Judul
i
Lembar Pengesahan
ii
Motto
iii
Persembahan
iv
Kata Pengantar
v
Daftar isi
vi
BAB I
PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang
1

2.      Tujuan
1

3.      Tempat Kunjungan Study Tour
1

4.      Peserta kegiatan Study Tour
1
BAB II
PEMBAHASAN


1.      Taman Selecta Malang
2

2.      Museum Brawijaya
3

3.      Museum Tubuh Bagong
5

4.      Jatim Park I
6
BAB III
PENUTUP


1.      Kesimpulan
8

2.      Saran
8

Lampiran




















BAB I
PENDAHULUAN

     I.     LATAR BELAKANG
Study tour / karya wisata adalah salah satu kegiatan suatu sekolah yang wajib. Dengan adanya karya wisata kita dapat mengerti perkembangan wisata secara nyata, dan dapat pula mengembangkan daya pikir atau imajinasi kita. Kegiatan ini juga dilakukan agar dapat menyusun karya tulis. Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua Kelas VIII SMP Negeri 3 Jatisrono. Dalam penyusunan karya tulis ini ,siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama mengajukan study tour dan pengetahuan selama mengikuti Study Tour.Sehingga dengan adanya Study Tour selain akan menambah wawasan, juga dapat dijadikan kegiatan refreshing / penyegaran.

  II.     TUJUAN PENULISAN
1.      Memperkaya wawasan para siswa terhadap lingkungan.
2.      Dalam Rangka penyusunan tugas sekolah.
3.      Sarana belajar menulis berdasarkan pengalaman dan data
4.      Peserta dapat mengetahui pengetahuan tentang sejarah suatu tempat.
5.      Peserta dapat mengetahui manfaat telah dibangunnya suatu tempat.
6.      Memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengadakan pengamatan.

III.   TEMPAT KUNJUNGAN STUDY TOUR
1.      Taman Selecta
2.      Museum Brawijaya
3.      Museum Tubuh Bagong
4.      Jatim Park I

IV.   PESERTA KEGIATAN STUDY TOUR
Peserta pelaksanaan Study Tour (karya wisata) tahun pelajaran 2015/2016 dari SMP N 3 Jatisrono ke Jawa Timur diikuti oleh hampir seluruh siswa kelas VIII beserta guru pendamping disetiap busnya.
















BAB II
PEMBAHASAN


I.            TAMAN SELECTA MALANG

Taman Wisata Selecta di Kota Batu - Malang
  merupakan salah satu tempat wisata yang favorite di kawasan Malang, tepatnya di Kota Batu. Tempat wisata yang satu ini memang sangat Indah.

Salah satu 
tempat wisata di Malang ini sangat tepat untuk Anda yang suka dengan hawa yang dingin dan sejuk. Tepatnya taman rekreasi Selecta  ini lokasinya di Desa Tulungrejo Kota Batu-Malang. Begitu Anda akan memasuki area Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu - Malang - Jawa Timur, akan terlihat sebuah gapura yang bertuliskan selamat datang. Seperti pada area tempat rekreasi pada umumnya, pada hari libur/weekend, biasanya akan sangat ramai sekali.

Asal usul dari nama Selecta

Nama Selecta berasal dari bahasa Belanda, yang artinya adalah pilihan. Tempat rekreasi ini memanglah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berwisata bersama dengan keluarga menuju kota Malang, Jawa Timur.
Selecta Batu Malang atau Taman Wisata dan Rekreasi  Selecta Kota Batu adalah sebuah tempat rekreasi dan berwisata yang sudah di kenal sejak penjajahan belanda dahulu kala. Bagian dari Kota Wisata Batu yang memang terkenal dan tersohor sebagai “Pabrik” nya tempat wisata.

Fasilitas di Taman Rekreasi Selecta

Bisa dikatakan 
Taman Rekreasi Selecta ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk tempat rekreasi keluarga, karena disini tersedia area untuk orang dewasa dan juga anak-anak. Mulai dari taman wisata hiburan, taman bunga, kolam renang (kolam renang disini juga dilengkapi dengan sepeda bebek dan papan luncur) disini juga terdapat area untuk outbond/flying fox.
·         Taman 1000 bunga;
·         Kolam renang;
·         Water Park;
·         Kolam ikan air tawar;
·         Perahu Columbus;
·         Flying Fox;
·         Menunggangi kuda;
·         Goa Singa (Lion Tunnel);
·         Sepeda air;
·         Out bound;
·         Aquarium raksasa;
·         Ayunan;
·         Kuliner; 
·         dsb


Hal Menarik di Taman Selecta Malang

Hal menarik yang terdapat di Taman Rekreasi Selecta di Batu Malang ini adalah puncak Selecta, Anda bisa menyelusuri jalan setapak untuk mencapainya dan disana Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang begitu menyejukkan mata, disini terdapat hamparan sawah yang luas dan dikelilingi oleh pegunungan. Di tempat ini Anda akan merasa sedang di refresh sejenak dari penatnya kesibukan sehari-hari.


Taman Bunga di Selecta Kota Batu - Malang

Taman Rekreasi Selecta ini juga memiliki taman bunga yang lokasinya berada tepat di tengah-tengah area wisata, hamparan bunga warna-warni yang sangat beragam bentuk dan jenisnya adalah sebuah keindahan tersendiri yang dimiliki oleh taman rekreasi Selecta ini. Dan tentunya dapat membuat Anda merasa betah untuk berlama-lama memandang keindahan bunga yang berada di taman ini, semua bunganya terawat dengan baik dan para pengunjung dilarang keras untuk mencabut bunga yang ada di taman ini. Karena pihak pengelola dari Taman Rekreasi Selecta sudah berkomitmen untuk tetap menjaga kelestariannya.

II.        MUSEUM BRAWIJAYA

            


Latar Belakang Dan Sejarah
Tahun 1952. Museum didirikan dengan melatar belakangi perjuangan TKR dan rakyat Jatim dari Agresi Militer Belanda I dan II.Museum Brawijaya dibangun atas prakarsa oleh brigjen TNI (Purn) Soerachman Pengdam VIII/BRW Tahun 1959 - 1962.
Motto Museum Brawijaya "CITRA UTHA PANA CAKRA (cahaya yang membangkitkan semangat)".
Museum Brawijaya diresmikan pada tanggal 04 Mei 1968 oleh Kolonel Pur. Dr. Soewondo. Terkenal dengan nama CITTA UTTHAPANA CAKRA yang berarti Api Penyebar Semangat dengan luas area mencapai 6825 m2, terbagi atas 2 area utama. Yaitu area pamer dan perkantoran. Berikut ini beberapa koleksi dari museum Brawijaya. Di depan museum itu dipajang koleksi Tank yang digunakan pada pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya. Kemudian ada senjata penangkis Serangan Udara yang disita oleh BKR pada September 1945 dari tangan Tentara Jepang. Meriam Cannon 3,5 Inch yang diberi nama Si Buang disita oleh TKR di Desa Gethering Gresik dari Tentara Belanda pada 10 Desember 1945. Kemudian Tank AMP-TRACK yang digunakan dalam pertempuran para pejuang TRIP.

Koleksi
Dibagian belakang museum kita bisa melihat icon dari Museum Brawijaya yaitu gerbong maut sebuah gerbong barang yang digunakan untuk mengangkut 100 Pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya dalam keadaan pintu tertutup rapat dan tanpa ada lubang angin, hingga menewaskan hampir seluruh penumpang dan menyisakan 12 orang selamat.
Koleksi yang terdapat di dalam museum antara lain mobil “DE SOTO USA” yaitu mobil yang digunakan Kolonel Soengkono sebagai kendaraan dinas yang pada waktu itu menjabat sebagai Panglima Divisi Brawijaya (Divisi I JATIM)1948-1950 di JATIM. Barang-barang peninggalan panglima besar jenderal Sudirman. Foto-foto jamna perjuangan hingga foto Malang tempo dulu. Komputer besa-besar jaman dulu dan lain-lain.
Museum ini terbagi menjadi lima lokasi tata pameran yaitu:
1.    Lokasi Halaman Depan Halaman depan Museum Brawijaya diberi nama “Agne Yastra Loca” yang berarti taman senjata api revolusi. Halaman depan tersebut merupakan ruang pameran terbuka yang memamerkan benda-benda bersejarah khususnya senjata-senjata berat dan kendaran lapis baja yang memiliki nilai sejarah.
2.     Ruang Lobi. Pada ruangan ini terdapat tiga koleksi yang dapat dilihat oleh para pengunjung, diantaranya:
A.Relief penugasan pasukan Brawijaya
B.Relief kekuasaan Kerajaan Majapahit
C.Lambang- lambang kesatuan / Kodam seluruh Indonesia.
3.    Ruang 1. Koleksi yang terdapat pada ruangan ini mulai dari tahun 1945 – 1949. Pada ruangan ini pengunjung akan diperlihatakan benda-benda bersejarah, seperti mobil De Soto, foto-foto mantan panglima Jawa Timur, senjata api, dsb. Yang paling menarik dari ruangan ini yaitu terdapatnya meja dan kursi yang digunakan oleh Bung Karno, Bung Hatta, Kol. Soengkono dalam melakukan perundingan terhadap pihak Belanda yang disebut dengan “Perundingan meja bundar”.
4.     Ruang 2. Koleksi yang terdapat pada ruangan ini mulai dari tahun 1950 – sekarang. Di ruangan ini terdapat benda-benda bersejarah seperti komputer yang digunakan pada masa itu, dsb. Di ruangan ini juga terdapat foto-foto yang menarik untuk dilihat, seperti foto-foto yang menceritakan operasi khusus yang dilakukan dalam menumpas pemberontakan yang terjadi di Indonesia, dan juga terdapat foto-foto kota Malang tempo dulu.
5.     Halaman Tengah. Pada ruangan terbuka ini, pengunjung akan diperlihatkan 2 buah benda bersejarah yang memiliki cerita tersendiri sehingga memberikan nama yang menarik pada kedua benda tersebut. Nama pada kedua benda tersebut adalah “Gerbong Maut” dan “Perahu Sigigir”.
Jadwal kunjungan
Senin s/d Sabtu : Jam 08.00 - 14.00
Minggu/libur nasional : Jam 08.00 - 15.00
Fasilitas
Luas tanah / luas bangunan 10.500/3.200 M2

·         R. Pameran tetap
·          R. Auditorium
·         R. Perpustakaan
·         R. Lab/konservasi
·         R. Penyimpanan koleksi
·         R. Bengkel/preparasi
·         R. Administrasi
·          Toilet
·         Kantin/cafeteria
·         Audiovisual
·         Tabung Pemadam Api

      III.        MUSEUM TUBUH BAGONG


Lokasi Museum Bagong
Museum Tubuh/museum bagong  terdapat di Jl. Oro-oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu atau tepatnya di area wisata Jatim Park 1 tepatnya di Jalan Kartika No. 2.yang memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Museum ini dibangun diatas lahan sebesar 1 hektar dengan bentuk kepala bagong yang merupakan tokoh pewayangan, dan mempunyai 6 lantai dengan barang yang dipamerkan berupa semua organ manusia dari kepala dan isinya, tangan, kaki dll. Tetapi tenang saja museum ini tetap mempunyai konsep fun yang membuat para pengunjungnya masih tetap nyaman dan senang untuk mempelajari atau mencari tahu tentang organ tubuhnya sendiri. Dan tentunya setiap spot dari organ tubuh tersbut dilengkapi dengan guide yang ramah dan tidak segan menjelaskan berbagai keunikan dari organ tubuh tersebut.
Dalam wisata edukasi ini, kita disuguhi segala informasi tentang tubuh manusia yang penuh dengan rahasia. Pembelajaran anatomi tubuh manusia ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. Panduan berupa tulisan dan LCD interaktif yang berisi materi serta game tentang zona di mana komputer tersebut diletakkan. Terdapat 13 zona mulai dari Zona Otak, Mulut, Gigi, Telinga, Hidung, Mata, Paru-paru, Jantung, Hati, Usus besar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, Tulang dan masih banyak zona yang lainnya.
The Bagong Adventure Museum Tubuh dibuka setiap hari mulai pukul 8.30 hingga 16.30. Harga tiket masuk untuk hari Senin-Jumat Rp 40.000 sedangkan Sabtu dan Minggu sebesar Rp.60.000. Dengan tiket masuk yang terjangkau tersebut kita dapat menikmati perjalanan wisata seru seakan berada di dalam tubuh manusia sesungguhnya. Jika Anda berkunjung ke museum ini, Anda tidak sekedar jalan dan melihat display yang tertata rapih di meja etalase, namun Anda juga akan diajak untuk melakukan sebuah perjalanan melalui tubuh manusia dan melihat berbagai aktivitas di dalamnya.
Macam-macam zona di museum Bagong
            Zona per lantai Museum Tubuh atau Museum Human Body
·         Di lantai satu, zona otak manusia. Di zona ini menyuguhkan gambaran otak manusia yang cukup besar, dengn ketinggian sektiar 10 meter dan lebar 6 meter. Otak ini digantung di atap bangunan.
·         Lantai dua terdapat dua zona gigi, zona telinga, dan zona mulut.
·         Lantai tiga, zona hidung, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, zona hati, zona lambung, zona usus, dan zona ginjal
·         Lantai basement 1 zona zona cinema tiga dimensim dan reproduksi, khusus untuk anak 15 tahun keatas.
·         Lantai Basement 2 adalah zona tulang sendi
·         Lantai top roof adalah ruang periksa kesehatan gratis, mulai mata, gula darah, tekanan darah, dan banyak lagi seputar anatomi tubuh.
Di setiap zona juga disediakan guide yang akan membimbing dan menjelaskan setiap anatomi tubuh di zona-zona yang akan kita lewati. Guide ini diambil secara khusus dari akademi keperawatan, sehingga mereka dapat memberikan jawaban yang sesuai dari setiap pertanyaan kita. Museum ini tentunya sangat cocok dikunjungi bagi kalangan pelajar, mahasiswa, dokter, perawat dan instansi yang berhubungan dengan medis, baik farmasi dan puskesmas.
Setelah memasuki pintu masuk Museum Tubuh berbentuk mulut Bagong, pengunjung akan menemukan gambaran otak manusia yang cukup besar, dengan ketinggian sekitar 10 meter dan lebar 6 meter. Otak ini tergantung di atap bangunan. Di dekatnya terdapat sebuah kafe berbentuk mulut yaitu Cafe Gigi yang menyediakan beragam menu bagi para pengunjung yang datang.
Di lantai pertama ini kita akan mulai menjelajahi Zona Gigi. Di sini guide akan menjelaskan segala hal tentang gigi mulai dari lapisan gigi, terjadinya karang gigi, terjadi sariawan sampai terjadinya abses. Selanjutnya di Zona Telinga, Anda akan diberi penjelasan tentang segala yang terjadi di dalam telinga. Sedangkan di Zona Hidung akan diperagakan simulasi bulu hidung, bentuk tulang hidung, proses terjadinya bersin, dan bagaimana indra penciuman bekerja.
Di Zona Otak guide akan menjelaskan fungsi otak dan beberapa penyakit otak. Lalu di Zona Mata, pengunjung akan diterangkan tentang lapisan di dalam mata dan juga dilengkapi dengan tes buta warna. Zona selanjutnya, pengunjung akan memasuki Zona Pembuluh Darah yang digambarkan berupa terowongan sistem lapisan darah. Di Zona Jantung pengunjung akan menyaksikan jantung manusia raksasa dan merasakan langsung detak jantung tersebut.
Seperti halnya dengan di Zona Jantung, di Zona Paru-paru pengunjung juga akan dijelaskan bentuk paru-paru. Di sini Anda akan ditunjukkan perbedaan paru-paru yang sehat dan paru-paru yang tidak sehat karena asap rokok atau polusi udara. Di Zona Usus meliputi usus halus, usus besar, gajih, dan usus buntu. Sedangkan di Zona Ginjal akan diterangkan misalnya berapa gelas minimal minuman yang dikonsumsi manusia setiap hari.
Uniknya di The Bagong Adventure juga dilengkapi dengan ruang periksa kesehatan secara gratis untuk para pengunjung. Pemeriksaan gratis itu meliputi cek gula darah, kolesterol, asam urat, tensi darah, berat badan ideal, tinggi badan ideal, osteoporosis, golongan darah, kesehatan mata, dan diabetes. Dari lantai top roof ini pengunjung bisa memeriksa kesehatannya sambil menikmati pemandangan Kota Batu dari lantai tertinggi museum.
Selanjutnya pengunjung akan dibawa ke lantai basement 1 Zona Cinema tiga dimensi dan reproduksi, khusus untuk anak 15 tahun ke atas. Di Zona Cinema 3D, mempelajari tentang anatomi tubuh dan proses reproduksi manusia yang ditampilkan secara visual 3D. Sedangkan di lantai basement 2 adalah Zona Tulang Sendi.
Selain zona anatomi, ada juga Zona Exhibition. Di sini pengunjung akan diajak mempelajari simulasi mimisan, simulasi pilek, tempat praktek dokter gigi, simulasi tentang anatomi tubuh dengan sinar X-ray, simulasi trasfusi darah, dan simulasi anatomi dalam tubuh mulai dari kepala sampai paha manusia. Di zona ini pengunjung bisa bermain Bagong Burp tentang proses terjadinya sendawa yang terjadi pada manusia. Di samping itu dijelaskan juga tentang proses pengawetan tubuh manusia dengan metode plastinasi.
Di The Bagong Adventure Museum Tubuh, selain berekreasi setidaknya kita dapat lebih memahami anatomi dan menyayangi organ-organ tubuh kita. Dengan mengetahui gambaran dasar mengenai proses-proses yang terjadi di dalam tubuh, maka kita dapat lebih mudah untuk menjaga setiap organ agar dapat berfungsi secara efektif. Serta melakukan tindakan prefentif agar tidak terjangkit suatu penyakit.


   IV.          JATIM PARK I

Deskripsi Jatim Park 1
Jatim Park 1 Malang merupakan salah satu wahana rekreasi keluarga yang terletak di lereng bagian timur gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 MDPL, sehingga tidak saja menawarkan rekreasi yang mengasyikkan namun juga hawa yang sejuk dan panorama yang indah. Selain media untuk rekreasi, Jatim Park 1 juga mengusung konsep edukasi dengan dilengkapi wahana Galeri Belajar bernama Science Stadium. Bangunan yang berkapasitas 300 orang ini dilengkapi dengan alat peraga ilmu terapan baik yang indoor maupun outdoor. Keberadaan alat-alat peraga ini didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya, dan sejumlah Universitas di Jawa Timur.
 Lokasi atau Alamat Jawa Timur Park 1
Alamat Jatim Park 1 terletak di Jalan Kartika 2 Kota Wisata Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Nomor telp. (0341) 597777 & SMS Center di 0857-5529-7777.Akses jalan menuju ke objek wisata Jatim Park 1 sangat mudah untuk dilalui baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda dari pusat kota Malang, Anda bisa sampai di kota wisata Batu dalam waktu sekitar 30 menit saja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa menggunakan salah satu dari 2 jalur alternatif yaitu melalui jalan Ahmad Yani lalu berbelok di Karang Lo atau lurus saja melalui jalan Tlogomas.
 Wahana bermain di Jatim Park 1
Jatim Park 1 Malang memiliki lebih dari 50 buah wahana yang bisa dinikmati. Berikut beberapa daftar wahana di Jatim Park 1 Batu Malang:
Outdoor Science Center
Learning Gallery
Agro Park
Prehistorical Scene
Flumride and Mythologies
Baby Zoo
Playground
Convoy Car
Mini Jet
Games Room
Remote Car
Wall Climbing
Sky Swinger
Bioskop 3D
Ethnic Gallery
History Park
Numismatic Gallery
Post Office Diorama
Midi Skater
Battery Car
Trampoline
Samba Ballon
Sand Garden
Gokart
Children Mini Cross Area
Star Chase
Bumper Boat
Ghost Mansion
Columbus
Mini Train
Lazer Bumper Car
Bouncy Castle
Pendulum
Air Borne Shot
Volcano Coaster
Flower Gallery
Galaxy Bumper Car
Spinning Coaster
Dragon Coaster
3D Ghost Haunter
Funtastic Swimming Pool
Water Boom
Pipe House
Fish Park
Amphiteather
Flying Fox
Worm Coaster
Sky Chopter
Tourism Market
Aero Test
Mini Swinger
Flying Tornado
Papua and East Java Ethnic Gallery
Chemical & Biology Science Center







BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Kesimpulan yang telah saya peroleh dari perjalanan Study Tour saya ke Jawa Timur adalah perjalanan yang menyenangkan dan mengesankan, selain bersenang-senang disana banyak pelajaran ,pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dapat saya ambil dan saya pelajari dan menjadi suatu kenang-kenangan di masa SMP ini.
SARAN
Dari kegiatan Study Tour ini masih banyak kekurangan,untuk itu penulis menyarankan :
1.      Untuk pemerintah
a.       Pemerintah diharapkan lebih meningkatkan perhatian kepada objek-objek yang ada di Indonesia khususnya objek wisata di daerah pedalaman.
b.      Pemerintah perlu meningkatkan kegiatan promosi terhadap objek-objek wisata di Indonesia.
2.      Untuk Sekolah
a.       Program wisata hendanya terus diterapkan mengingat manfaatnya yang penting bagi para siswa.
b.      Pihak sekolah hendanya memonitoring kegiatan para siswa di tempat wisata agar tujuan widya wisata tercapai dan terjadi hal-hal yang diinginkan.
c.       Sekolah diharapkan mengadakan study tour setelah ulangan umum atau jauh-jauh hari sebelum ujian kenaikan kelas/UAS, agar tidak membebani siswa dalam mengerjakan karya tulis
d.      Sekolah diharapkan memberi waktu yang lebih lama bagi siswa untuk mengerjakan karya tulis
3.      Bagi guru Pendamping
a.       Sebaiknya lebih mengawasi,menasehati dan melarang siswa yang melakukan tindakan berbahaya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
b.      Diharap lebih mendisiplinkan para murid agar murid lebih dapat membawa diri untuk bersikap dalam bergaul.
c.       Lebih memperhatikan kesehatan murid ,khususnya keadaan murid yang kurang sehat selama perjalanan.
d.      Diharap lebih sigap menangani kejadian-kejadian di luar dugaan yang bersifat menganggu program study tour
4.      Bagi Sisa
a.       Siswa diharap  tidak hanya memanfaatkan Study Tour sebagai sarana rekreasi,namun juga sebagai sarana belajar untuk menambah wawasan.
b.      Siswa diharapkan tertib dan disiplin agar perjalanan study tour berjalan lancar
c.       Siswa Diharap dapat menjaga sikap dan menjaga nama baik sekolah.
d.      Siswa diharap ikut serta menjaga kebersihan dan kelestarian objek-objek wisata yang dikunjungi.
e.       Siswa dianjurkan tidak berpergian seorang diri di objek-objek wisata maupun pada waktu bebas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.







7 komentar:

  1. Minta ijin copas ya
    Makasih banget

    BalasHapus
  2. baca,salin dan baca lagi (>///<)

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
  4. 5 Ways to Make Money on the Blockchain - Work 4
    Some bitcoin gambling sites offer a full choegocasino range of bitcoin worrione slot games, and it's all here, as งานออนไลน์ we're continuing to find more and more successful slot machine games

    BalasHapus